Pengertian dari Diskriminasi dan Contohnya

by - 9:01 PM



 Pengertian Diskriminasi

      Diskriminasi lebih merujuk kepada pelayanan yang tidak adil terhadap individu tertentu, di mana layanan ini dibuat berdasarkan karakteristik yang diwakili oleh individu. Diskriminasi adalah suatu peristiwa yang biasanya ditemukan dalam masyarakat manusia, itu karena kecenderungan manusian untuk membeda-bedakan orang lain.
Ada 2 tipe Diskriminasi yaitu:

1.   Diskriminasi tidak langsung, terjadi ketika peraturan netral menjadi diskriminatif saat diterapkan di lapangan

2.    Diskriminasi langsung, terjadi ketika hukum, peraturan atau kebijakan jelas menyebutkan karakteristik tertentu, seperti jenis kelamin, ras, dan sebagainya, dan menghambat kesempatan yang sama.


Pengertian Diskriminasi Menurut Para Ahli

  • Menurut Wikipedia
"Diskriminasi lebih merujuk kepada pelayanan yang tidak adil terhadap individu tertentu, di mana layanan ini dibuat berdasarkan karakteristik yang diwakili oleh individu"
  • Menurut PBB
“Diskriminasi termasuk perilaku, berdasarkan perbedaan dalam kategorisasi yang dibuat oleh alam atau masyarakat, yang tidak ada hubungannya dengan kemampuan individu atau jasanya”.

  • Theodorson & Theodorson (1979:115-116)
"Diskriminasi adalah perlakuan yang tidak seimbang terhadap perorangan, atau kelompok, berdasarkan sesuatu, biasanya bersifat kategorikal, atau atribut-atribut khas, seperti berdasarkan ras, kesukubangsaan, agama, atau keanggotaan kelas-kelas sosial”.


Contoh :
diskriminasi dalam politik yaitu adanya propaganda yang membuat Negara menjadi tepecah belah karena bedanya keyakinan politik sehingga terjadinya pengucilan baik di dunia nyata dan dunia maya. Dan propaganda tersebut saling mempengaruhi masing-masing kubu sehingga tidak jarang menimbulan anarkisme.
Sebagai manusia sosial yang menjunjung tinggi HAM, seharusnya kita bisa mengesampingkan perbedaan-perbedaan yang ada dengan sikap toleransi terhadap perbedaan yang ada. Karena kita harus meyakini bahwa dalam kehidupan masyarakat selalu ada perbedaan untuk saling menghargai bukan untuk terpecah belah. Sikap tenggang rasa juga dibutuhkan untuk saling menghormati dan menghargai perbedaan yang ada sehingga mencegah terjadinya penolakan atau pengucilan terhadap perbedaan tertentu.







You May Also Like

4 comments

  1. Assalamualaikum wr.wb Nama saya Ageng Anggraini. Terima kasih sekali postingannya sangat membantu 😊

    ReplyDelete
  2. Dan salam kenal kembaran nama 😆😆😆

    ReplyDelete

//]]>