PROSES PRODUKSI KONTEN MULTIMEDIA

by - 7:37 PM


Multimedia adalah penggunaan computer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Proses produksi konten multimedia memiliki siklus hidup yaitu terdiri dari 3 sub proses : 
  • Pre-Production 
  • Production
  • Post Production


Pre-Production  

           Proses penuangan ide atau perencanaan proses produksi:  Video animasi yang dibuat tentang perjalanan kurir mengantarkan barang ke beberapa customer. Lexi (Kurir)  mengantarkan barang yang sudah dipesan oleh Mike dan Susi (Konsumen) dengan menggunakan mobil. Lexi mengendarai mobil dengan kecepatan minimum yang melintasi perumahan. Kemudian, lexi pun melanjutkan perjalanan kembali untuk mengantarkan barang yang sudah di pesan oleh konsumen ke tempat tujuan selanjutnya. Dengan displinnya waktu Lexi (Kurir) akan mendapatkan tip berupa koin dan jika kurir terlambat tidak akan mendapatkan tip berupa koin. 

Production 

        Hal yang dibuat pada tugas ini yaitu, membuat video animasi menggunakan Tupi 2D, membuat animasi 2D dengan pergerakan melalui frame. TupiTube Desk adalah sebuah software sederhana yang berguna untuk membuat animasi 2D, tupi sendiri di rancang untuk membuat animasi 2D saja tidak untuk 3D, aplikasi tupi ini dibuat untuk anak-anak yang kreatif, cara kerja tupi ini seperti aplikasi menggambar lainnya yang membedakannya adalah beberapa gambar yang telah kita buat bisa di gabungkan menjadi frame, dan akan menghasilkan gambar bergerak atau video. Tool pada TupiTube Desk cukup mudah di pahami, pada bagian atas tool tersedia button New Project, Open Project, Save Project, Save as, Close Project dan Visit Store.  

Gambar Proses Production 1 


Gambar Proses Production 2 


Post Production 

Setelah mengevaluasi dan merevisi konten video yang telah dibuat pada akhirnya menjadi final product meskipun belum di digitalisasi dan editing. 

Pada bagian Digitalisasi di lakukan image prosesing menggunakan corel draw untuk menghapus layer background, Pada bagian editing dilakukan penambahan music dan sulih suara dengan menggunakan software Adobe Premiere Pro. 

Setelah melalui 3 siklus hidup konten multimedia serta digitalisasi dan editing, Video animasi dengan judul Perjalanan Kurir berdurasi 1 menit. 


Berikut Contoh Animasinya :





Anggota Kelompok : 

Ageng Bagus Pratomo 

Anggita Nur M. 

Cindy Anggita D.I 

Faranita Rahman 






You May Also Like

0 comments

//]]>