Manusia dan Harapan

by - 10:20 AM


Pengertian Manusia

  Manusia Secara bahasa manusia berasal dari kata “manu” (Sanskerta), “mens” Latin), yang berarti berpikir berakal budi atau makhluk yang berakal budiSecara 
istilah manusiadapat diartikan sebuah gagasan atau realitassebuah kelompok (genus)atau seorang individu.

Pengertian Harapan.

Harapan berasal dari kata harap yang berarti keingginan supaya sesuatu terjadi sehingga harapan berarti sesuatu yang diinginkan terjadi. Dengan demikian harapan menyangkut masa depan.

Frida lidwina seorang mahasiswa universitas gunadarma, ia rajin belajar dengan harapan didalam ujian semester mendapatkan angka yang baik.
Grace dan Tina seorang wiraswasta yang rajin. Sejak mulai mengarap usahanya dengan harapan usahanya menjadi maju. Mereka yakin usahanya menjadi kenyataan karena mereka berusaha dengan sungguh-sungguh.

Hubungannya

Dengan kedua contoh tersebut itu terlihat, apa yang diharapkan Frida, Grace dan Tina ialah terjadinya keingginan karena mereka bekerja keras. Jadi untuk mewujudkan harapan itu harus disertai dengan usaha yg diharapkan. Bila dibandingkan dengan cita-cita, maka harapan mengandung pengertian tidak terlalu muluk sedangkan cita-cita pada umumnya perlu setinggi-tingginya. Antara harapan dan cita-cita terdapat persamaan yaitu:

Keduanya menyangkut masa depan karena belum terwujud
Pada umumnya dengan cita-cita maupun harapan orang menginginkan hal yang lebih baik dan meningkat

Sedangkan perbedaanya:
Harapan itu berupa suatu kenginan yang didahului dengan kerja keras
Bila cita-cita biasanya pada umumnya suatu keingginan yang mungkin saja berubah-ubah

You May Also Like

0 comments

//]]>